cakep banget

Jika anda seorang pengembang aplikasi mobile dan ingin memilih mana yang lebih menguntungkan, sampai sekarang menurut saya, pilihlah platform iOS (iPhone dan iPad) atau Blackberry daripada Android.

Ya, banyak yang akan argumen bahwa platform android adalah open, beberapa berargumen dokumentasinya paling mantab dan librarynya bertebaran, dan menaruh aplikasi di Google Play prosesnya sangat mudah dan nyaris tanpa review dari google (Pantes kalau banyak worm/virus bertebaran di platform android, karena emang nyaris tanpa kontrol).

Masalahnya cuman satu, Jika anda di Indonesia, anda tidak bisa membuat aplikasi anda berbayar di Google Play. Account merchant tidak untuk orang Indonesia. Saya menganggap hal ini sangat arogan oleh google, karena sederhana saja, kita sebagai user, bisa membeli aplikasi di Google Play, tetapi developer Indonesia, tidak boleh menerima bayaran dari google untuk aplikasi berbayar. Ya, ada yang akan berargumen bisa dapat revenue dari advertising. Tapi iklan dan banner akan membuat aplikasi kita tampak jelek.

Pendapat saya, silahkan mempelajari platform android, tapi hanya sebatas mengenal saja, jangan buang waktu anda untuk mengembangkan di platform ini sementara Google sendiri masih tidak terbuka untuk orang Indonesia. Lebih baik menghabiskan waktu mengenal platform Apple iOS dan Blackberry yang lebih fair dan terbuka kepada orang Indonesia.

Blackberry, yang memang device lamanya bermasalah dengan performa, secara platform lebih terbuka. Apple, walaupun sedikit cerewet dalam proses submit aplikasi, sudah memiliki store Indonesia dan merchat account pun mudah.

Platform android memang mudah, API yang intuitif, murah dan hanya bermodal otak, library open source, editor  gratis dan handset murah untuk mengembangkan, tetapi pada akhirnya akan sangat merepotkan untuk  melakukan monetize karena pada akhirnya, anda akan dipaksa oleh google untuk menjadi penyedia banner saja.