SIMETRI

Ketika ditanya: “BERAPA?” dalam bernegosiasi mengenai sebuah proyek, biasanya kita akan berpikir dengan cepat, “Rp.XXX”. Tetapi, ketika proyek berjalan, kemudian kita akan kesulitan di tengah atau akhir proyek karena kekurangan dana atau permintaan dari client terlalu banyak.

Dari mengerjakan project di beberapa tahun terakhir, saya akan berbagi pengalaman mengenai bagaimana menentukan biaya proyek.

Posting berikut sudah merepresentasikan bagaimana menentukan harga proyek. Tetapi akan sedikit saya perjelas. Rumus dasar untuk menentukan biaya investasi proyek adalah:

Nilai Investasi = Biaya + Keuntungan

Saya sebut investasi karena subyek kita yang utama adalah “Pengembangan Proyek”, dimana yang dikeluarkan oleh client akan dinikmati oleh mereka selama yang mereka butuhkan, dan optimis akan menguntungkan / membawa untung lebih bagi mereka.

Biaya

Termasuk dari biaya adalah gaji personel / team yang mengerjakan, bonus, akomodasi, transportasi, dan biaya material. Seperti dicontohkan di artikel tertaut diatas: untuk proyek pengerjaan web design, anda membutuhkan 1 personel dengan gaji per bulan Rp1.000.000, maka biaya per jam akan sekitar Rp6000. Jangan lupa, masukkan profit margin anda disini, plus bonus dari personel anda, kira-kira sekitar Rp12000 / jam, ini adalah biaya bersih.

Kemudian, tambahkan dengan perkiraan biaya administrasi dan overhead perusahaan anda selama 1 tahun yang anda bagi per bulan atau per kategori. Misalnya listrik, internet, kopi, dan sebagainya. Ini sepenuhnya terserah anda dan mana yang mudah untuk merasionalisasi bagi client. Okay kita ambil perkirakan biaya kotor adalah Rp30000/jam.

Dari pengalaman sebelumnya atau prediksi, bisa kita hitung berapa lama kita akan mengerjakan, misalnya pembuatan website company profile, akan memakan waktu 20 hari kerja, , maka biaya project selama 20 hari pengerjaan adalah Rp4.800.000 untuk 8 jam kerja per hari. Berikan overhead untuk project molor atau yang lain, nilainya variatif, bisa 20 Р40% tergantung dari kondisi. Jadi biaya total adalah Rp6.750.000

Keuntungan

Ini adalah keuntungan yang anda dapatkan, bisa bervariasi dan menyesuaikan dengan profit margin anda. Kita ambil, profit margin dari project adalah 50%, maka total yang akan anda bebankan adalah Rp10.100.000.

Terakhir,

setelah semua terkapitulasi, bebankan juga biaya pajak di total investasi project anda. Tentunya, nilai diatas sangat bervariatif, bisa lebih rendah atau lebih tinggi tergantung dari client dan tingkat kesulitan dan nilai dari produk anda.

Jangan lupa, untuk project yang berulang, anda akan lebih cepat mengerjakan, jadi anda perlu menaikkan rate per jam untuk mengkompensasi kecepatan pengerjaan anda.

Semoga bermanfaat ;)