Tadi sore, sekitar pukul 20, pas ngeliat NGC, ada iklan layanan yg judulnya B.Y.O.B, yg nyantol pertama adalah lagunya System of a Down, ternyata singkatan dari "Bring Your Own Bags".

Iklan ini menyarankan kalau pas pergi ke supermarket, minimarket, micromarket dan market-market yang lain, disarankan untuk bawa tas sendiri. Jangan meminta tas kresek atau tas kertas yang biasa kita dapat kalau kita membeli ke toko. Alasannya sederhana. Tas kresek terbuat dari plastik. Plastik itu bahan yang tidak bisa di daur oleh tanah. Otomatis nantinya akan jadi sampah yang ga bakalan hancur-hancur. Nah, jika semua orang di dunia setiap membeli sesuatu selalu dapat 1 tas kresek, bayangin aja, berapa banyak tas kresek yang harus dibuang tiap hari.

OK, ga pake kresek, pakai yang karton, yang bisa di daur ulang. Eh, itu karton dari kertas. Nah kertas itu bikinnya dari kayu. Ga tambah bagus, tambah parah. Jadi, iklan ini make sense banget. Daripada kita hidup dikelilingi sampah, biasakan untuk bawa tas sendiri dari rumah ketika beli sesuatu.

Saya udah coba hari ini, tadi pagi, pas beli rokok. Gampang sih kalau di toko2 kecil. Susahnya kalau pas beli di mal2 gedhe. Pasti disuruh nitipin, dan pasti dipaksa untuk bawa tas sablonan logo mall yg gedhe itu. Tapi, patut dicoba kok, take care ;)