Ada plesetan yang mengatakan, WWW bukan singkatan dari World Wide Web, melainkan singkatan dari World Wild Web. Plesetan tersebut sebenarnya sangat mirip dengan kenyataan. Internet adalah dunia liar dimana semua orang bebas mem-posting apa keinginannya, ada beberapa orang yang selalu ingin tahu, menyebarkan virus, menangkap password orang lain dan menggunakan sesuai dengan keinginannya. Saya ada beberapa tips yang cukup manjur dalam membuat ber-internet sedikit lebih aman.

Berikut tips-tips yang selalu saya lakukan:

  1. Gunakan browser yang terpercaya

    Ada banyak browser yang beredar, tetapi yang terpercaya hanya sedikit. Secara pribadi saya menyukai Firefox. Karena selain plugin banyak, firefox adalah browser open-source. Dicoding oleh community — but that just me. Ada pilihan browser lain semacam Opera. Mereka punya fitur untuk mematikan javascript / java / flash

  2. Matikan Javascript untuk situs yang tidak dikenal

    Javascript adalah fitur yang biasa digunakan pembuat web untuk efek2 cantik. Tetapi bukan hanya itu, javascript juga digunakan untuk mengubah tampilan sebuah situs tidak dikenal mirip dengan tampilan klikbca atau membuat anda mendownload program yang tidak anda ketahui. Jadi untuk amannya matikan javascript. Di firefox, ada plugin yang bernama: Noscript, fungsinya adalah mematikan script dan mengenable javascript di situs2 yang anda inginkan — gmail atau Facebook tidak akan berjalan mulus tanpa javascript. Untuk opera, sudah ada opsinya.

  3. Jangan pernah langsung percaya dengan link yang diberikan melalui Messenger atau E-Mail

    Ada kalanya teman anda memberikan sebuah link. Mungkin kata2 nya menarik. Tetapi, jangan langsung percaya. Bisa saja itu bukan dari teman anda, tetapi dari virus di komputer teman anda, yang secara otomatis mengirimkan link tersebut. Konfirmasikan dulu dengan teman anda.

  4. Attachment Juga Ancaman

    Jangan langsung percaya dengan attachment e-mail yang ada di Inbox anda. Sama juga seperti link di chatroom / messenger, attachment menjadi media penyebaran spyware dan virus yang sangat efektif.

  5. Manfaatkan SSL/HTTPS

    Google / yahoo mail punya fitur SSL / HTTPS. HTTPS adalah saluran terenkripsi, dimana data yang anda kirimkan dienkripsi dulu sebelum dikirim lewat internet. Manfaatkan sebaik2nya. Apalagi jika anda mengakses e-mail di cafe dengan hotspot tanpa password. Orang lain bisa dengan mudah membaca data password atau ucapan selamat ultah ke selingkuhan anda, yang anda kirimkan jika dikirim tanpa SSL

  6. Hemat bandwith dengan host files

    Hosts file adalah file di komputer lokal anda yang berisi data alamat internet dengan alamat network IP. Contoh isi dari hosts file bisa anda lihat di /etc/hosts untuk linux atau di C:WINDOWSsystem32driversetc untuk windows. Silahkan buka dengan notepad anda. Kemungkinan isinya:

    127.0.0.1 localhost
    127.0.0.1 namakomputeranda
    

    127.0.0.1 selalu akan menjadi IP komputer anda. Dan kita bisa memanfaatkan file ini untuk tidak mendownload banner2 dari situs2 iklan yang biasanya berukuran besar. Silahkan download file hosts dari MVPS dan kopikan ke komputer anda. Maka, browser akan menganggap doubleclick atau beberapa situs penyedia banner iklan beralamat di komputer anda, sehingga komputer anda tidak akan melakukan request network untuk mendapatkan banner. Tips ini dapat menghemat bandwith speedy / telkomsel flash anda.

  7. Manfaatkan SSH Shell

    Jika anda mempunyai hosting dan mempunyai fitur SSH shell, manfaatkan shell anda sebagai proxy untuk berinternet / chatting. Cukup download putty jika anda berada di Windows. Gunakan perintah DOS:

    putty.exe -D$port $hostsshserver $portsshserver
    

    Atau di linux

    ssh -D$port $hostsshserver $portsshserver
    

    Kemudian login seperti biasa. Setelah login sukses, set browser anda untuk proxy Socks5 ke 127.0.0.1 dan port ke $port (port isikan dengan angka antara 1025 – 65535, sesuai yang anda masukkan saat login SSH), maka anda sudah cukup aman untuk berinternet, karena jalur anda sudah dilewatkan melalui saluran terenkripsi SSH. Trik ini berlaku juga untuk chatting dengan Yahoo messenger. Anda bisa memproxy messenger anda, sehingga aman untuk digunakan dan chat anda menjadi lebih aman.

Sekian dulu tips-tips berinternet dari saya, semoga berguna. Have fun ;)