Setelah sekitar 3 hari tidak mengakses e-mail kantor — libur natal dan tahun baru, hari ini saya beranikan diri untuk mengakses inbox kantor. Ngga sebanyak saat hari kerja normal. Tetapi yang paling menyebalkan menurut saya adalah typo yang ada di body maupun subject e-mail. Sebenarnya saya ngga akan terlalu mempermasalahkan problem "Salah Ketik" ini jika saja orang yang typo bukan programmer.

Mengapa saya membenci programmer yang suka typo? Karena senjata utama programmer adalah typing. Seorang ngga akan mungkin bisa menjadi programmer yang handal tanpa skill mengetik di keyboard. Well, memang mungkin, tetapi di jaman dulu, saat Punched Card masih berjaya. Kalau sekarang? Baik anda menggunakan IDE hebat semacam Eclipse, Netbeans ataupun Visual Studio, seorang programmer akan selalu terkutuk untuk mengetik.

Jadi, skill mengetik adalah skill dasar, yang menurut saya sangat berpengaruh dalam produktifitas seorang programmer. Mungkin saya akan usulkan untuk mencantumkan skill mengetik di lowongan pekerjaan programmer di kantor saya, agar problem semacam ini ngga akan terjadi di masa depan.