Bagi seorang programmer, skill programming emang penting. Mahir di bahasa X, tangkas coding bahasa Y, bisa query SQL yang aneh2 dan canggih2 itu adalah survival skill nya. Tetapi, ngga cukup itu doang, banyak skill lain yang diperlukan seorang programmer untuk bisa survive. Berikut saya list kan skill-skill tambahan yang diperlukan seorang programmer untuk bisa ngga cuman survive ajah.

  1. Troubleshooting dasar dari sebuah PC, install printer, pasang LAN card, semacam itu lah, tapi ngga perlu harus sampai overclock atau yg lain.
  2. Ngomong di depan Publik, well, kadang2 programmer juga harus presentasi hasilnya, atau ngajarin orang2 gimana cara gunakan softwarenya, jadi Public speaking skill itu penting.
  3. Ngajarin Orang Lain, cara terbaik belajar tentang sesuatu hal adalah mengajari orang lain tentang hal tersebut ;).
  4. Mengerti dasar2 Networking, Paling ngga ngerti gimana cara kerja DNS, ngeset IP, apa itu gateway, apa itu port, ngeping, traceroute, telnet, ngedump paket TCP. Jadi seandainya ada masalah semacam connect timeout atau yang lain, bisa melakukan troubleshoot. Atau, ada masalah di aplikasi, data corrupt dan sebagainya, anda bisa ngedump paket TCP nya dan kirim ke NOC untuk di analisa.
  5. Mengerti dasar2 Administrasi Sistem, Nambah user, edit privilege, ngeset file permission. Kalau ga bisa, apalagi anda bekerja di lingkungan Unix, fatal jadinya. Backup juga penting, bisa operasi ZIP, TAR.
  6. Dokumentasi, Kalau anda di lingkungan Java/PHP harus ngerti masalah sintaks Javadoc, atau ngisi Wiki dan bikin dokumentasi.

Kayanya itu sih, kalau ada yg mo nambahin, silahkan.