Instalasi nya gampang

Sejak saya menggunakan laptop, saya mulai bisa pelan-pelan melepaskan diri dari Windows. Penyebabnya sederhana saja, karena harddisk laptop saya adalah SATA, maka Windows XP tidak bisa di install secara di CD nya tidak ada driver SATA. Well, teman saya bilang:

Bisa di remaster kok, extract installernya, masukkan driver SATA, bikin lagi installernya

Ah, males, lagian, CD XP saya bajakan. Saya akan merasa terus-terusan berdosa menggunakan aplikasi bajakan, sementara teman2 saya yg lain berleha2 dengan OS X atau WinXP Retail. Akhirnya saya pergi ke kantor — tempat dimana bandwidth berlimpah, dan saya download CD Ubuntu 7.10 yg baru. Kemudian saya install dengan lancar, semua driver terdeteksi dan beroperasilah laptop saya.

Reliable di segala kondisi

Ketika pindah ke gedung kantor yang baru, sistem jaringan sudah menggunakan wireless network bagi para laptopper. Dan terbukti, ndiswrapper sangat handal di segala jenis wireless network. Laptop XP teman saya hang ketika mendeteksi koneksi wireless dan Vista sama sekali ngga mau konek. Entah kenapa, mo debug? bagaimana? Secara log2 di Windows berupa binary dan permenuan XP yang sangat obscured mempersulit proses troubleshoot

Lumayan aman tanpa Virus dan Ringan tanpa Antivirus

Saudara saya membawa laptop baru, WinXP, tidak mau muncul taskbarnya. Ketika saya jalankan task manager, dan saya paksa untuk menjalankan explorer.exe, Windows Explorernya tidak mau membuka, ketika saya jalankan registry editor (regedit.exe), muncul peringatan security alert, wah saya pikir ini pasti virus. Saya tanya dia, apa baru masukin flashdisk dari luar? Ya, dia jawab baru kopi lagu dari komputer di kantornya. Saya buka di laptop saya. muncul listing seperti Ini:

Andra & The Backbone
Andra & The Backbone.exe
Mulan Jamaela
Mulan Jamaela.exe
...

Tipikal virus brontok, saya hapus pake command

find . -name '*.exe' -delete ;

Kemudian, saya minta saudara saya untuk menginstall kembali sistem operasinya, secara saya sama sekali clueless untuk urusan virus.

Secure, Lengkap dan Usable

Adik saya yg paling kecil, mo pinjem laptop. Tapi saya ngga mau dia melihat hasil donlotan miyabi yg berserakan, maka saya cukup create user baru dan protect homedir saya dengan command chmod.

Temen kantor suka kirim file2 .xls atau .doc, saya bisa buka pake openoffice, sudah terinstall otomatis ketika saya install Ubuntu. Ada lagi yg suka kirim file .rar, bisa saya ekstrak langsung, tanpa hrs menginstall Winrar, mendownload FLV di Youtube dan langsung ngeplay pake media player tanpa hrs menginstall software aneh2. Login mesenger pake pidgin yg sudah tersedia, email client super canggih semacam Evolution, ngedit gambar dengan gampang pakai Gimp, semuanya tanpa harus menginstall software tambahan. Ganti themes atau tampilan dengan cepat. Cukup download theme di Gnome-Look atau GNOME, dibanding ganti theme di XP yg harus install ini dan itu.

Lebih Murah dan Bebas

Sekarang kita main itung2 an:
Windows XP = Rp. 800.000
MS Office = Rp. 1.700.000 (Basic)
Total = Rp. 2.500.000
Adalah harga awal anda untuk bekerja dengan laptop/komputer anda.

Ubuntu Linux:
CD: Rp. 3000
Download di kantor: Rp. 0
Hanya dengan Rp. 3000 anda sudah bisa menikmati semua layanan dan fitur yang disediakan Windows.

Seandainya anda membenci salah satu fitur atau tampilan atau apa saja tentang windows, maka anda ngga akan ada pilihan. Anda akan di Lock untuk menggunakan produk itu, baik suka atau ngga. "Anda ga suka internet explorer, mana bisa anda uninstall internet explorer? Berbeda dengan tradisi Linux, jika saya ngga suka dengan Ubuntu saya bisa langsung backup data saya, download CD rilis Linux Mint yang baru dan install. Saya benci dengan tampilan GNOME, saya bisa ganti ke KDE dengan cepat. Saya ga suka openoffice, selalu ada pilihan lain yang bertebaran dan bisa anda temukan dengan hanya mencari di Google.

Well, semoga artikel, eh cerita panjang ini dapat membuat anda berani untuk keluar dari kuncian Dunia Windows dan menjelajah menuju ke Unexplored Possibilities di dunia Open Source. Dan jangan kuatir, You’re not alone. Bila menemui masalah, banyak milis-milis yang bersedia memberikan petunjuk dengan gratis. Seperti Kapten Kirk mengatakan:

To boldly go when no one has gone before

Take care