IT Departemen dalam sebuah perusahaan, menurut saya perlu memiliki 3 fasilitas di bawah yang akan saya sebutkan untuk bertahan.

  1. E-Mail & Mailing-List

    Informasi yang penting bisa disampaikan secara langsung dari Manager ke bawahan tanpa harus bertemu muka. Seandainya manager lagi jalan, bawahan lagi sibuk ngoprek kerjaan di kantor, langsung aja kirim email untuk ini dan itu. Email juga terdokumentasi sehingga dokumen lama ngga akan hilang.

    Untuk mailing list berguna banget apabila pengumuman itu bersifat umum. Daripada ngetik satu per satu alamat email kolega anda, mending kirim sekali di milis.

    Jadi, apabila perusahaan anda belum punya email kantor, segera daftarin deh, banyak kok yg gratis semacam Google Apps

  2. Source Control

    Software semacam Subversion atau CVS yg free sudah bisa membantu team IT dalam bekerja secara team. Karena tanpa ini akan sangat susah bagi programmer itu mengerjakan task-task nya tanpa harus mengoverwrite kerjaan orang lain. Dan susah bagi team leader nya untuk me-review kerjaan dia.

    Lagipula, dengan software ini, mudah banget untuk melihat perubahan-perubahan, source dari versi ke versi, dsb. Instalasi software sangat mudah, cost nya free dan ada release untuk setiap sistem operasi. Jadi ga ada ruginya kan? Selain 10-30 menit waktu instalasi dan sedikit membaca manual nya.

  3. Framework

    Implementasikan framework-framework yang sudah ada, atau bikin framework sendiri. Keuntungannya menggunakan framework adalah ketergantungan perusahaan pada programmer tertentu akan hilang bila framework sudah ada. Cukup cari programmer baru yang mampu mempelajari framework internal, atau punya kemampuan framework X. Keuntungan lain adalah dengan framework, programmer yg kurang kemampuannya di bahasa pemrograman tertentu akan sangat terbantu produktivitasnya karena ngga dia ngga perlu mempelajari bahasa ini dalam waktu singkat. Cukup API dari framework saja. Tambahan lagi: Reuse. Komponen di framework selalu bisa di gunakan kembali di project2 lain.

Kali ini pas 3. Tapi kalau dirasa perlu, akan saya tambahkan di masa yang akan datang.