Pas conference YM tadi pagi dengan para praktisi Java, termasuk You-Know-Who yang menginvite saya, dimana topiknya adalah "Java Disadvantage" yang menurut saya, seharusnya adalah "Java Weakness", saya akan me-list beberapa kelemahan bahasa pemrograman satu ini. Para zealot java, ndak boleh marah ya:

  1. J2ME — membuat aplikasi J2ME adalah sebuah proses yang soro2dbone (baca: sengsara amat sangat). Moto "Write Once, Run Anywhere" ngga berlaku disini. Kita harus develop aplikasi sendiri, dengan API sendiri untuk setiap handset, secara dukungan handset atas J2ME ngga ada yang sama.
  2. SWING — lemot2dmax (baca:lambat), API nya membingungkan, dan sama sekali ndak reuseable. Terus, tampilanya beda banget ama environment yang ada. Beda dengan SWT yang mempunyai native-look. Coba aja, bikin aplikasi di Swing untuk membuat tray icon di windows.
  3. XML — kalau anda membuat aplikasi J2EE, yakin pasti anda akan selalu ngedit file bla2.xml, ini sux banget. Entah dengan alasan apa XML dipakai. It just too many XML.

Ada yg mo menambahkan/mengurangkan/protes?