Karena ngga ada kerjaan lagi, Sabtu kemaren aku iseng pengen nginstall FreeBSD di komputerku. Tapi bukan FreeBSD model server seperti yang biasa aku install kan buat pak babe, aku pengen FreeBSD yang imoet, yang ngga kalah cakep dengan Windows XP / OS X. Tapi, aku pengen instalasi simpel, ngga pakai boot manager yang ngisi MBR semacam GRUB, dsb

  1. Partisi HardDisk. Karena emang harddisk ku cuman 1 (4 partisi, 1 primary dan sisanya extended @ 10GB). maka, aku harus buat space kosong untuk FreeBSD. Aku hapus partisi ke 3 dan 4, menyisakan sekitar 20GB buat freebsd.

  2. Instalasi FreeBSD. Proses instalasi biasa, tapi waktu masuk proses partisi, set partisi pertama (Partisi Windows XP) menjadi bootable(tekan ‘S’). Teruskan dengan membuat slice untuk FreeBSD.

    CATATAN
    Waktu ditanya untuk install boot manager, pilih aja “Leave Boot Manager Untouched”, masalahnya kita akan pakai Boot Manager nya Windows XP.
    Lakukan proses instalasi FreeBSD seperti biasa, kemudian remove CDROM, dan reboot

  3. Edit Boot Manager. Abis boot, kita masuk ke Windows XP, masukkan CD Instalasi FreeBSD, kopi file /boot/boot1 ke C:BOOT1.BSD. Kemudian Edit file C:boot.ini. Tambahkan instruksi:

    C:BOOT1.BSD="FreeBSD 6"
    

    dan simpan. Kemudian, reboot

Gimana hasilnya? Bisa booting ke FreeBSD kan? Hehehe… tinggal nerusin instalasi FreeBSD selanjutnya.